Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger

Memasang Widgate Komentar Disqus

Disqus adalah salah satu sistem komentar paling pupuler di luar sana untuk website ataupun blog. Yang membuat sistem komentar ini populer karena tampilannya yang mobile dan SEO friendly, selain itu juga sistem komentar pihak ketiga Disqus ini memberikan Anda keleluasaan untuk mengontrol komentar di blog Anda.

Dan kabar baiknya lagi, jika Anda memasang kolom komentar Disqus di Blogger/Blogspot Anda, Anda tidak perlu khawatir kehilangan komentar yang telah di berikan pengunjung blog Anda pada sistem komentar bawaan default Blogger, karena Anda bisa mengimpor-nya ke Disqus.

Beberapa fitur yang terdapat pada sistem komentar Disqus:

  • Pengguna dapat mengedit komentar, membagikan komentar ke sosial media seperti Twitter, Facebook, ataupun lainnya, dan juga dapat berlangganan komentar.
  • Mendapatkan notifikasi ke email setiap ada komentar baru.
  • Dapat melampirkan file media seperti (gambar, video) dalam komentar.
  • Komentar Disqus bisa menggunakan <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>, <u></u>, <strike></strike>, <code></code>, <pre></pre>, <pre><code></code></pre>
  • Anda dapat melihat aktivitas komentar pada situs anda dalam grafik.
  • Anda dapat mengatur kustom avatar untuk komentar yang tidak menampilkan avatar.
  • Diskus memiliki pendeteksi spam yang makin hari semakin baik.
  • Bisa embed komentar pada postingan blog .

Apakah Anda tertarik memasang sistem komentar Disqus di blog Blogger Anda? Lanjutkan membaca untuk mengetahui langkah demi langkah proses instalasinya, dan mengimport komentar default blogger ke disqus .

Menambahkan komentar disqus di Blogspot

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke akun blogger Anda.

Langkah 2: Silahkan Anda kunjungi website disqus.com untuk melakukan pendaftaran.

Langkah 3: Pada halaman awal Disqus silahkan kalian klik "Get Started" yang berada di pojok kanan atas.

Langkah 4: Selanjutnya silahkan Anda isi form pendaftaran akun untuk memulai Disqus lalu klik Sign Up. Untuk lebih cepat saya menyarankan agar Anda mendaftar menggunakan Google Plus dengan mengklik icon Google Plus,  Anda hanya akan diminta memasukan kata sandi untuk akun Disqus saja.

Lebih jelasnya lihat pada gambar.

Memasang Widgate Komentar Disqus, langkah 2

Langkah 5: Jika sudah mengisi form pendaftaran, klik "I want to install Disqus on my site".

Langkah 6: Selanjutnya Anda harus mengisi formulir pendaftaran lagi, kali ini bertujuan untuk mendapatkan URL shortname Disqus untuk blog yang akan Anda daftarkan.

Berikut gambarnya.

Memasang Widgate Komentar Disqus, langkah 3

Penjelasan:

–Organization: di biarkan dulu saja.
–Website name: isi dengan nama blog Anda. andito blog (ini yang bakalan jadi URL shortname Disqus)
–Category: Pilih sesuai dengan topik yang relevan di blog Anda.

Langkah 7: Klik "Create Site".

Langkah 8: Di layar berikutnya akan muncul tulisan "Welcome to Disqus" beserta penjelasan singkat mengenai apa itu Disqus, jika Anda malas membacanya silahkan klik "Got it. Let's get started!"

Langkah 9:. Pada layar berikutnya, Anda akan di suruh memilih platform sesuai situs yang Anda gunakan, karena kita menggunakan Blogger maka klik "Icon Logo Blogger".

Langkah 10: Setelah menekan ikon logo Blogger silahkan klik Add namablog to my Blogger site (lihat pada gambar 1 yang di tunjukan panah warna merah di bawah ini).

Memasang Widgate Komentar Disqus, langkah 4

Langkah 11: Klik "Add Widget" maka Anda selanjutnya akan di bawa ke Layout Blogger.

Langkah 12: Pada Layout Blogger Klik "Save Settings" pada pojong kanan atas.

Selamat! Anda telah berhasil memasang komentar Disqus di blog Anda.

Catatan: Jika pada saat menekan Menambahkan Widget terjadi bug kesalahan. Silahkan Anda terlebih dahulu bersihkan cache browser yang Anda pakai, kemudian mengulanginya lagi.

Setelah Anda memasang komentar disqus Anda tidak akan melihat komentar satupun di blog Anda, untuk dapat melihatnya Anda harus mengimpor dari komentar Blogger ke Disqus.

Mengimpor komentar Blogger ke Disqus

Mengimpor komentar Blogger ke Disqus

Untuk mengimport komentar dari siatem komentar default blogger ke Disqus:

  1. silahkan Anda kembali ke halaman pengaturan Disqus dan klik Tools - Discussions - Import (lihat Gambar 3 di bawah).
  2. Pada layar berikutnya klik "Import comments from Blogger" (lihat pada gambar 4 di atas).
  3. Dan selanjutnya Google meminta izin kepada Anda, cukup klik "Provide Access" dan pada layar berikutnya pilih blog Anda dan klik Import.

Di bagian atas dasbor Disqus Anda akan melihat pesan yang mengatakan impor Anda telah berhasil diupload dan sedang dalam antrian. (kurang lebih dalam bahas indonesia-nya).

Catatan: Impor komentar Blogger Anda ke Disqus bisa memakan waktu hingga 24 jam, sambil menunggu Anda dapat mengubah dan mengkonfigurasi pengaturan komentar Disqus lainnya.

Akhir Kata

Jika Anda bersedia untuk menggunakan sistem komentar pihak ketiga di blog Anda, Disqus adalah pilihan yang tepat di mana Anda akan mendapatkan banyak sekali fitur.

Semoga posting ini bisa membantu Anda!
Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger Reviewed by Unknown on 1/27/2017 12:22:00 AM Rating: 5

No comments:

Setiap komentar dihargai namun perlu diingat bahwa komentar dimoderasi dan mungkin perlu beberapa waktu untuk tampil. Semua komentar spam akan dihapus, termasuk menyebutkan blog Anda kecuali jika diperlukan. Terima kasih atas pengertiannya!

Powered by Blogger.