Memulai dengan Google Blogger

Apa itu Google Blogger

Blogger adalah alat gratis Google untuk membuat blog. Ini bisa ditemukan di internet di http://www.blogger.com. Versi Blogger sebelumnya sangat dicap dengan logo Blogger, namun versi terbarunya sangat fleksibel dan tidak bermerek sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan mempromosikan blog tanpa mengeluarkan biaya.

Keuntungan utama menggunakan Blogger adalah Blogger benar-benar gratis, termasuk hosting dan analytics. Jika Anda memilih untuk menampilkan iklan, Anda berbagi keuntungan.

Memulai dengan Blogger

Anda dapat menggunakan blog untuk segala hal mulai dari menambah teman baru dalam kehidupan Anda, memberikan kolom saran Anda sendiri, mendiskusikan pandangan politik Anda, atau menghubungkan pengalaman Anda dengan topik yang diminati. Anda bisa meng-host blog dengan beberapa kontributor, atau Anda bisa menjalankannya sendiri. Anda bahkan bisa menggunakan Blogger untuk membuat feed podcast Anda sendiri.

Meskipun ada alat blog yang lebih bagus di luar sana, campuran biaya (gratis) dan fleksibilitas membuat Blogger menjadi pilihan yang fantastis. Satu catatan agar selalu berhati-hati adalah bahwa Google tidak menaruh banyak usaha untuk mempertahankan Blogger karena mereka telah membangun layanan baru. Itu berarti ada kemungkinan layanan Blogger bisa berakhir. Secara historis Google telah menyediakan jalur untuk memasarkan konten ke platform lain saat hal ini terjadi, jadi kemungkinan besar Anda bisa bermigrasi ke WordPress atau platform lain jika Google memutuskan untuk mengakhiri Blogger.

Menyiapkan Akun Anda

Menyiapkan akun Blogger membutuhkan tiga langkah mudah.

Buat akun, beri nama blog Anda, dan pilih template. Anda dapat meng-host beberapa blog dengan nama akun yang sama, jadi Anda hanya perlu melakukan bagian itu sekali saja. Dengan cara ini Anda bisa memisahkan blog profesional Anda tentang bisnis Anda dari blog pribadi Anda tentang kucing kesayangan, misalnya.

Hosting Blog Anda

Blogger akan meng-host blog anda secara gratis di blogspot.com.

Anda dapat menggunakan URL Blogger default, Anda dapat menggunakan domain Anda sendiri yang sudah ada, atau Anda dapat membeli domain melalui Google Domain saat Anda membuat blog baru. Keuntungan menggunakan layanan hosting Google adalah skalanya sangat baik sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang blog Anda yang bakalan mogok karena pengunjung yang tinggi jika menjadi populer.

Posting

Setelah blog Anda disiapkan, Blogger memiliki editor WYSIWYG dasar. (Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan). Anda juga dapat beralih ke tampilan HTML biasa jika Anda mau. Anda dapat menyematkan sebagian besar jenis media, namun, seperti kebanyakan platform blog lainnya, JavaScript dibatasi.

Jika Anda memerlukan lebih banyak opsi pemformatan, Anda juga bisa menggunakan Google Docs untuk dikirim ke blog Blogger Anda.

Email Posting Anda

Anda dapat secara opsional mengkonfigurasi Blogger dengan alamat email rahasia, sehingga Anda bisa mengirim email ke blog Anda.

Foto-foto

Blogger akan membiarkan Anda mengupload gambar dari desktop Anda dan mengirimkannya ke blog Anda. Cukup seret dan lepaskan dari desktop Anda ke pos Anda saat Anda menuliskannya. Anda juga dapat menggunakan Google Photos untuk menyematkan gambar, meskipun seperti saat tulisan ini dibuat masih diberi label sebagai "Album Web Picasa" setelah layanan dihentikan sekarang diganti dengan Google Photos.

Video YouTube juga bisa disematkan pada posting blog, tentunya.

Penampilan

Blogger menawarkan beberapa template default, namun Anda juga dapat mengupload template Anda sendiri dari beberapa sumber premium dan gratis.

Anda dapat menambahkan dan memanipulasi gadget (widget Blogger setara widget WordPress) untuk menyesuaikan blog Anda lebih jauh.

Promosi Sosial

Blogger kompatibel dengan sebagian besar alat berbagi sosial, seperti Facebook dan Pinterest, dan Anda dapat mempromosikan pos Anda secara otomatis di Google+.

Template

Anda awalnya memilih salah satu dari beberapa template untuk Blogger. Anda dapat beralih ke template baru kapan saja. Template mengontrol tampilan dan nuansa blog Anda, serta link di samping.

Anda juga dapat menyesuaikan dan membuat template Anda sendiri, meskipun ini memerlukan pengetahuan CSS dan desain web yang lebih maju. Ada banyak situs dan individu yang juga menawarkan template Blogger gratis untuk keperluan pribadi.

Anda dapat mengubah susunan sebagian besar elemen dalam template dengan menyeret dan menjatuhkan. Menambahkan elemen halaman baru itu mudah, dan Google memberi Anda pilihan yang bagus, seperti daftar link, judul, banner, dan bahkan iklan AdSense.

Menghasilkan Uang

Anda bisa menghasilkan uang secara langsung dari blog Anda, dengan menggunakan AdSense untuk menempatkan iklan secara otomatis ke halaman blog Anda. Jumlah yang Anda dapatkan tergantung pada materi pelajaran dan popularitas blog Anda. Google menempatkan link untuk mendaftar akun AdSense dari dalam Blogger. Anda juga dapat memilih untuk menghindari AdSense, dan tidak ada iklan yang muncul di blog Anda kecuali jika Anda menempatkannya di sana.

Mobile Friendly

Pelaporan email mempermudah penggunaan perangkat seluler untuk dikirim ke blog Anda. Anda juga bisa memposting gambar langsung dari ponsel Anda dengan layanan terkait Blogger Mobile.

Google saat ini tidak menawarkan cara untuk membuat pesan suara langsung ke Blogger dari ponsel Anda.

Privacy

Jika Anda ingin membuat posting blog, tapi Anda hanya ingin menyimpan jurnal pribadi atau Anda hanya ingin teman atau keluarga membacanya, Anda sekarang dapat memilih untuk membuat posting Anda baik bersipat pribadi atau dibatasi untuk pembaca yang disetujui.

Posting pribadi adalah fitur yang sangat dibutuhkan di Blogger, namun Anda hanya dapat menetapkan tingkat posting untuk keseluruhan blog, bukan posting individual. Jika Anda membatasi pos Anda ke pembaca tertentu, setiap orang harus memiliki akun Google, dan mereka harus masuk.

Labels

Anda dapat menambahkan label ke posting blog sehingga semua posting Anda tentang pantai, memasak, diidentifikasi dengan benar. Hal ini mempermudah audiens untuk menemukan pos pada topik tertentu, dan ini membantu Anda saat ingin melihat kembali posting Anda sendiri.

Garis Besarnya

Jika Anda serius tentang blogging demi keuntungan, Anda mungkin ingin berinvestasi di ruang web Anda sendiri dan menggunakan alat blogging yang memberi Anda lebih banyak pilihan penyesuaian dan informasi pelacakan. Dimulai dengan blog Blogger masih akan memberi ide jika Anda bisa mengikuti postingan blog biasa atau jika Anda bisa menarik pengunjung.

Blogger tidak membuat feed ramah podcast tanpa beberapa bantuan alat di Feedburner. Alat blogger untuk blogging pribadi masih sangat mendasar dan tidak memungkinkan penyesuaian sebanyak situs jejaring sosial yang lebih besar, seperti MySpace, LiveJournal, dan Vox.

Namun, untuk harganya, itu benar-benar alat blogging yang sangat bagus. Blogger adalah tempat yang sangat baik untuk memulai blogging.

Kunjungi Websitenya
Memulai dengan Google Blogger Memulai dengan Google Blogger Reviewed by Unknown on 11/12/2017 11:18:00 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Untuk memulai menggunakan blogger, apa kedepannya harus gak pakai lagi suhu? apa harus pindah ke wordpress misalnya? karena kalau para master2 di forum-forum banyak yang pakai wordpress self hosting. Jadi minder yang pakai blogspot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan panggil suhu mas, saya masih newbie. Kalau menurut saya pribadi, mas jangan pindah ke WP self-hosting gara-gara minder pakai Google Blogger (yang notabene blog gratisan). Tapi kalau mas sudah merasa mampu menguasai wordpress dan mas sudah memiliki konsep pengembangan blog kedepannya maka saya sangat mendukung keputusan mas untuk beralih ke WP.

      Delete

Setiap komentar dihargai namun perlu diingat bahwa komentar dimoderasi dan mungkin perlu beberapa waktu untuk tampil. Semua komentar spam akan dihapus, termasuk menyebutkan blog Anda kecuali jika diperlukan. Terima kasih atas pengertiannya!

Powered by Blogger.