Apa itu Blogging dan Mengapa Sangat Populer?

Apa itu Blogging dan Mengapa sangat Populer?

Awalnya, blogging melibatkan web log pribadi, di mana seseorang akan menulis jurnal tentang keseharian mereka. Dari "web log" muncul istilah "blog".

Seperti kebanyakan inovasi baru di Internet, banyak pengusaha melihat potensi pemasaran menggunakan blog, dan blogging bermula dari sana. Blog tidak hanya bisa digunakan untuk pemasaran, tapi blog juga bisa menjadi bisnis rumahan sendiri.

Blog Versus Website

Banyak orang masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan sebuah blog dan website. Sebagian dari masalahnya adalah banyak para pelaku bisnis menggunakan keduanya, mengintegrasikannya ke dalam satu keberadaan web. Tapi ada dua fitur dari blog yang membedakannya dari website biasa.

  1. Blog sering diupdate. Entah itu blog ibu rumah tangga yang berbagi pengalaman dalam mengasuh anak, sebuah blog makanan yang berbagi resep baru, atau bisnis yang menyediakan update untuk layanannya, blog memiliki konten baru yang ditambahkan beberapa kali dalam seminggu.
  2. Blog memungkinkan keterlibatan pembaca. Blog sering disertakan dalam media sosial karena kemampuan pembaca untuk berkomentar dan berdiskusi dengan blogger dan orang lain yang membaca blog membuatnya menjadi sosial.


Mengapa Blogging Sangat Populer?

Ada beberapa alasan mengapa pengusaha beralih ke blogging.

  1. Mesin pencari menyukai konten baru, dan sebagai hasilnya, blogging adalah alat search engine optimization (SEO) yang bagus.
  2. Blogging menyediakan cara mudah untuk menjaga pelanggan dan klien Anda tetap up-to-date tentang apa yang sedang terjadi, beri tahu mereka tentang penawaran baru, dan berikan tips. Semakin banyak pelanggan datang ke blog Anda, semakin besar kemungkinan mereka menghabiskan uang.
  3. Sebuah blog memungkinkan Anda membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan prospek Anda. Anda tidak hanya bisa memamerkan apa yang Anda ketahui, membangun keahlian dan kredibilitas Anda, tetapi karena orang dapat memberi komentar dan berinteraksi dengan Anda, mereka bisa mengenal Anda, dan mudah-mudahan, akan mempercayai Anda cukup untuk membeli dari Anda.
  4. Blog bisa menghasilkan uang. Seiring dengan produk atau layanan Anda, blog bisa menghasilkan pendapatan dari pilihan lain, seperti iklan dan produk afiliasi.


Apakah Blogging ada Potensi Kerugiannya?

Blogging sangat populer karena bekerja sebagai alat pemasaran dan menghasilkan uang. Tapi blogging tidak selalu cerah dan berjalan mulus di dunia pendapatan online. Sebelum memulai blog sebagai sarana untuk menghasilkan uang atau mempromosikan bisnis yang ada, Anda harus mempertimbangkan potensi kerugian ini:

  1. Blogging membutuhkan banyak waktu. Agar blog menjadi efektif di SEO dan melibatkan pembaca, maka perlu diupdate secara berkala. Internet dikotori dengan blog terbengkalai yang belum pernah diperbarui dalam beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Keberhasilan blogging berasal dari memiliki orang yang mau datang kembali, dan mereka hanya akan kembali ketika ada hal baru untuk dibaca. Itu berarti menghasilkan konten setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang membutuhkan waktu.
  2. Anda butuh ide untuk ditulis. Untuk menjaga agar konten tetap muncul, Anda harus memiliki gagasan untuk ditulis. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menulis semuanya. Anda bisa memiliki penulis tamu atau mempekerjakan freelancer. Pilihan lainnya adalah dengan memberi kurasi konten dari orang lain atau melakukan posting alternatif, seperti menggunakan video.
  3. Imbalannya tidak langsung. Salah satu hal yang membuat anda frustasi besar dengan blogging adalah bahwa hal itu memakan waktu dengan sedikit hasil di awal. Butuh waktu untuk membangun pembaca dan momentum.


Cara Memulai Blog

Kabar baiknya adalah bahwa memulai sebuah blog atau menambahkan blog ke website Anda yang ada adalah relativitas yang mudah dan terjangkau. Ada pilihan blog gratis seperti WordPress.com dan Blogger.com, namun untuk mempertahankan kontrol dan citra profesional, pertimbangkan untuk berinvestasi pada nama domain dan hosting, dan menginstal WordPress atau sistem manajemen konten lainnya di hosting Anda. Kebanyakan webhost menawarkan ini.

Setelah blog Anda aktif dan berjalan, Anda harus tetap aktif dengan konten baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Sementara blog Anda bisa memuji bisnis yang ada, ini juga cara yang bagus untuk menambahkan penghasilan tambahan. Anda dapat mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain di affiliate marketing. Anda dapat menawarkan jaringan iklan feed atau feed ke blog Anda. Jika Anda memiliki bisnis layanan yang Anda promosikan dengan blog Anda, Anda dapat membuat produk informasi Anda sendiri untuk memujinya.

Atau, jika Anda memiliki produk sendiri, Anda bisa menawarkan sebuah layanan.

Akhirnya, seperti semua ide bisnis lainnya, kesuksesan Anda berasal dari pemasaran, dan membiarkan target pasar Anda tahu tentang blog Anda. Cara yang bagus untuk mencapai pasar Anda adalah melalui media sosial, daftar email, dan menjangkau blogger lain, podcaster, dan media untuk publisitas.
Apa itu Blogging dan Mengapa Sangat Populer? Apa itu Blogging dan Mengapa Sangat Populer? Reviewed by Unknown on 11/15/2017 09:03:00 AM Rating: 5

4 comments:

  1. Happy blogging! Semangaaaat...

    ReplyDelete
  2. Kadang emang sering nyamain sih, antara blog dan website. Masih awam soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga sama mas Ananda A. Ramadan. tapi karena makin penasaran saya akhirnya membaca banyak blog bahasa Inggris yang membahas tentang perbedaan Website dan Blog. Dan dari sana saya mulai sedikit-sedikit memahami perbedaannya.

      Link salah satu blog bahasa inggris yang membahas perbedaan Website dan Blog yang saya baca mas: https://www.shoutmeloud.com/difference-between-blog-vs-website.html.

      Delete

Setiap komentar dihargai namun perlu diingat bahwa komentar dimoderasi dan mungkin perlu beberapa waktu untuk tampil. Semua komentar spam akan dihapus, termasuk menyebutkan blog Anda kecuali jika diperlukan. Terima kasih atas pengertiannya!

Powered by Blogger.