Blog Marketing: Apa Artinya dan Cara Melakukannya

apa itu blog marketing atau pemasaran blog

Apa Itu Blog? Istilah blog berasal dari kombinasi "web" dan "log" atau "weblog", dan kemudian dipersingkat menjadi "blog". Pada tahun 1990an ketika blog pertama kali muncul, mereka banyak berisi buku harian online, di mana orang akan memberikan catatan pribadi tentang kehidupan mereka. Pada saat itu, blog secara tradisional membangun website yang diupdate dan diunggah secara manual, sehingga membatasi jumlah blogger hanya untuk mereka yang tahu cara membuat dan mengunggah halaman web.

Baru pada akhir tahun 1990an, ketika LiveJournal dan Blogger mengembangkan platform yang tidak memerlukan pengetahuan teknologi, blogging menjafi berkembang. Pada awal tahun 2000an, WordPress hadir, dan dengan cepat berkembang menjadi salah satu platform blogging yang paling banyak digunakan.

Perbedaan Antara Website dan Blog

Salah satu perbedaan utama antara website dan blog adalah jumlah pemilik situs dan keterlibatan pengunjung. Blog sering disamakan dengan media sosial karena pengunjung bisa meninggalkan komentar dan berbicara dengan pemilik blog. Sebelum ngeblog, pengunjung bisa menandatangani "buku tamu" ke website, namun tidak ada metode untuk melakukan percakapan online (kecuali email) melalui situs ini.

Aspek lain dari blog yang berbeda dari situs pada umumnya adalah frekuensi di mana ia diupdate. Banyak website statis, sehingga begitu mereka selesai, informasinya tidak berubah. Blog, di sisi lain, seperti situs berita, yang sering diupdate dengan konten baru.

Seperti banyak sumber daya baru yang muncul, pengusaha visioner mengenali format blog sebagai alat pemasaran, dan mulai menggunakannya untuk memberikan informasi dan update kepada pelanggan mereka, dan sebagai cara untuk menarik bisnis baru. Dari situ, blog berkembang menjadi strategi marketing baru dan efektif.

Apa itu Blog Marketing?

Blog marketing adalah proses pencapaian target pasar bisnis rumahan Anda melalui penggunaan blog.

Awalnya, pemilik bisnis memiliki blog yang terpisah dari website mereka, namun hari ini, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan keduanya untuk memudahkan Anda mengelola, dan juga memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. Banyak pemilik bisnis menggunakan platform blogging, seperti WordPress, untuk situs dan blog mereka. Selanjutnya, karena blogging telah berkembang dengan mudah dan populer, banyak orang telah menciptakan bisnis dari blogging dengan sendirinya (berlawanan dengan bisnis pertama dan kemudian blogging). Misalnya, beberapa food blog atau blog makanan adalah bisnis dalam dan dari diri mereka sendiri.

Kelebihan Blog Marketing

Sifat blogging membuat mereka ideal untuk pemasaran karena mereka menyediakan konten baru untuk menarik orang kembali, dan menawarkan cara bagi konsumen dan bisnis untuk berinteraksi. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya:

  1. Murah untuk memulai dan menjalankan. Meskipun ada platform blogging gratis, seperti Blogger dan Wordpress.com, untuk mempertahankan tampilan profesional yang memungkinkan merek blog Anda bersinar, gunakan opsi yang di-host sendiri, seperti WordPress.org. Untuk biaya domain dan webhosting, Anda dapat memiliki blog marketing yang disesuaikan untuk Anda.
  2. Mudah digunakan. Sebagian besar platform blogging mudah digunakan. Jika Anda bisa menyalin, menempelkan, mengetik, drag & drop dan upload, Anda bisa memiliki blog yang terlihat profesional.
  3. Cara efektif untuk mendapatkan lalu lintas baru dan kembali datang ke situs Anda untuk melihat yang baru. Menawarkan tips, pembaan, dan konten baru lainnya memberi orang alasan untuk kembali ke situs web bisnis Anda, yang memberi mereka kesempatan untuk membeli.
  4. Meningkatkan peringkat mesin pencari. Google, khususnya, suka mencari dan menilai konten baru, dan banyak pengusaha menggunakan blog khusus untuk search engine optimization (SEO)
  5. Memungkinkan Anda untuk memamerkan keahlian Anda untuk mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas dengan pasar Anda. Orang suka sekarang dengan siapa mereka berbisnis. Dengan sebuah blog Anda bisa membuktikan bahwa Anda ahli, memberikan tip bermanfaat dan informasi berharga lainnya, yang semuanya membantu konsumen merasa nyaman dengan menghabiskan uang untuk produk atau layanan Anda.
  6. Terhubung dengan pasar Anda. Sementara kebanyakan bisnis sekarang menggunakan Twitter dan platform sosial lainnya lebih dari sekedar blog untuk keterlibatan, blog dapat memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan dengan pasar Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik, serta mendapatkan umpan balik dan memberikan layanan pelanggan.
  7. Ini bisa menghasilkan uang di luar produk atau layanan Anda. Anda dapat menerima iklan, mempromosikan produk afiliasi dan mendapatkan sponsor, menambahkan sumber pendapatan tambahan ke bisnis Anda.


Kelemahan Blog Marketing

Seperti semua hal lain dalam hidup, ada kelemahan dalam blogging, termasuk:

  1. Memakan waktu. Membuat konten baru dan memperbarui blog Anda bisa memakan banyak waktu. Mempekerjakan penulis lepas dan asisten virtual, atau menggunakan label private right content dapat membantu.
  2. Membutuhkan aliran gagasan yang konstan. Seiring dengan berjalannya waktu, memiliki sesuatu blog baru tentang adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi blogger.
  3. Butuh waktu untuk melihat hasilnya. Internet dipenuhi dengan informasi, sehingga membuat orang ke blog Anda membutuhkan waktu.
  4. Perlu dipasarkan juga. Anda menggunakan blog untuk memasarkan bisnis Anda, tetapi agar bisa bekerja, orang perlu mengetahuinya, yang berarti Anda harus menemukan target pasar Anda dan menarik mereka ke blog Anda.


Cara Melakukan Blog Marketing

Memulai sebuah blog dan menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda bisa diatur dalam hitungan menit. Ini adalah manajemen dan pemasaran berkelanjutan yang akan memakan waktu.

  1. Buatlah rencana blog marketing. Apa yang akan Anda bagikan di blog Anda? Berita, tips, sumber daya, dll? Selanjutnya, seberapa sering anda mengupdate blog anda? Harian, mingguan, dll?
  2. Buat blog anda. Tentukan platform blogging Anda, dan siapkan, termasuk penyesuaian yang sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan untuk menggunakan logo yang sama di blog Anda seperti di situs Anda (jika Anda memiliki website terpisah) untuk mempertahankan konsistensi. Jika Anda menggunakan platform blog gratisan (tidak disarankan untuk bisnis blogging), punya nama domain yang menunjuk ke blog sehingga memudahkan konsumen untuk sampai ke situs Anda.
  3. Isi blog anda dengan beberapa posting secepatnya. Pembaca tidak suka mengunjungi blog hanya dengan satu atau dua posting. Tambahkan sepuluh posting atau lebih dengan cepat, lalu masuk ke jadwal reguler Anda.
  4. Pasar blog Anda. Ini sangat mudah untuk mengintegrasikan media sosial ke blog Anda, sehingga posting blog Anda pergi ke pengikut Anda. Sertakan blog Anda pada materi pemasaran Anda juga.
  5. Balas komentar. Ingat, blog bersifat sosial, sehingga orang akan mengajukan pertanyaan, memberikan masukan, atau berbagi pendapat. Hapus pos spam.
  6. Gunakan blog Anda untuk mendorong pendaftaran email. Ini adalah cara hebat lain untuk membuat orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda kembali ke blog Anda, yang sekali lagi memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk membelanjakan uang dengan Anda.
Blog Marketing: Apa Artinya dan Cara Melakukannya Blog Marketing: Apa Artinya dan Cara Melakukannya Reviewed by Unknown on 11/30/2017 11:47:00 AM Rating: 5

Post Comments

No comments:

Setiap komentar dihargai namun perlu diingat bahwa komentar dimoderasi dan mungkin perlu beberapa waktu untuk tampil. Semua komentar spam akan dihapus, termasuk menyebutkan blog Anda kecuali jika diperlukan. Terima kasih atas pengertiannya!

Powered by Blogger.