Apa Itu Guest Blogging?

apa itu guest blogging?

Guest blogging (atau dalam bahasa indonesia-nya bisa diartikan sebagai menulis di blog lain) adalah metode yang digunakan oleh pemilik blog untuk meningkatkan trafik ke situs mereka. Mereka menawarkan untuk menulis konten untuk blog serupa lainnya di bidang mereka sebagai guest blogger atau penulis tamu. Sebagai gantinya, mereka menerima link ke blog mereka sendiri dan kesempatan untuk mempromosikan nama dan blog mereka sendiri di bidang pilihan mereka.

Cara Menulis Guest Post

Agar sukses sebagai guest blogger atau penulis tamu, Anda harus menulis konten yang berkualitas tinggi dan ditargetkan ke bidang keahlian atau industri spesifik Anda.

Kualitas posting Anda ditentukan oleh beberapa kriteria:

  • Apakah keahlian materi yang Anda bawakan ditampilkan dalam posting Anda?
  • Apakah tulisan Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan kesalahan ketik?
  • Apakah tulisan Anda menyertakan link ke sumber terpercaya mengenai topik posting Anda?
  • Apakah guest post Anda menerima banyak like, share, atau komentar, yang semuanya menunjukkan bahwa karya Anda sedang dibaca dan dihargai.
  • Selalu sertakan nama Anda di posting Anda. Jika situs tempat Anda memposting memungkinkannya, sertakan bio singkat dan target link ke blog Anda.


Cara Menjadi Guest Blogger atau Penulis Tamu

Anda harus mulai dari awal, kecuali Anda memang sudah terkenal. Jika Anda tidak terkenal di bidang Anda, situs yang katakanlah sangat populer tidak akan mungkin menerima tawaran Anda untuk menulis posting yang tidak ada kaitannya untuk mereka.

  • Kenali niche Anda dan tetap berada dalamnya.
  • Isi blog Anda sendiri dengan konten berkualitas tinggi.
  • Fokus pada identifikasi blog yang memiliki reputasi baik di bidang Anda.
  • Temukan blog yang sama dengan Anda kemudian mencari judul niche Anda dan istilah "guest submission" atau "submit post."


Menghubungi blog yang membuat Anda tertarik untuk menulis guest post dan menjelaskan minat Anda. Sebutkan niche atau bidang keahlian Anda, topik yang ingin Anda tulis, dan pengalaman dan keterampilan terkait lainnya. Berikan link situs ke blog Anda sendiri. Hampir di setiap kejadian, pemilik blog lainnya akan mengunjungi blog Anda untuk mengevaluasi kemampuan menulis dan keahlian subjek Anda sebelum mempertimbangkan untuk menerima tawaran Anda sebagai guest blogger.

Jumlah Kualitas

Sadarilah bahwa banyak website menggunakan guest blogging semata-mata untuk membangun link ke situs mereka. Mesin pencari menghukum guest post yang ditulis dengan buruk yang jelas-jelas dimaksudkan untuk mengirimkan backlink saja dan tidak memberi manfaat bagi pembaca. Hindari hal ini dengan mengirimkan posting berkualitas tinggi dan tertarget. Gunakan kriteria yang sama saat seseorang menghubungi Anda dengan tawaran untuk mengirimkan guest post atau posting tamu ke blog Anda.
Apa Itu Guest Blogging? Apa Itu Guest Blogging? Reviewed by Unknown on 11/23/2017 06:41:00 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Saya belum pernah nulis artikel di blog orang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum pernah mas. he...he...

      Jika mas mau jadi guest blogger, selain menulis di blog milik orang lain yang membawakan topik yang sama dengan mas, mas biasa dibilang seorang guest blogger juga jika menulis guest post di sebuah forum seperti "Kaskus", misalnya. Kaskus juga membiarkan penulisnya memberi backlink ke sumber aslinya.

      Delete

Setiap komentar dihargai namun perlu diingat bahwa komentar dimoderasi dan mungkin perlu beberapa waktu untuk tampil. Semua komentar spam akan dihapus, termasuk menyebutkan blog Anda kecuali jika diperlukan. Terima kasih atas pengertiannya!

Powered by Blogger.